2 Mei 2011

Simulator Teropong Bintang/Teleskop

Stellarium
Adalah software open source dan gratis yang dikembangkan oleh para pecinta astronomi/astrologi.  Pada software ini kita dapat melihat jutaan bintang yang ada di atas bumi kita secara real time (24 jam) dan tentunya sesuai dengan keadaan aslinya. Disini kita dapat belajar letak-letak rasi bintang,  planet, nebula, dan galaks.

Ilmu perbintangan sebenarnya telah digunakan beribu-ribu tahun yang lalu meskipun fungsinya kebanyakan untuk kepentingan agama dan kepercayaan seperti ramalan. Melalui rasi-rasi dan pergerakkan bintang di angkasa, peramal menentukan berbagai kejadian yang dianggap akan terjadi di masa mendatang. Di Tanah Arab astronomi/astrologi pada jaman kuno telah dikenal dengan nama Ilmu Falak/Ilmu Nujum. Astronomi pada abad berkembangnya pelayaran biasa digunakan untuk menentukan arah melalui rasi-rasi bintang pada malam saat bulan tidak muncul. Saat ini pun para ahli astronomi masih dibutuhkan di bidang keilmuan maupun agama. Contoh saja, orang Islam pasti mengetahui bahwa penentuan hilal (bulan baru-mulai dan berakhirnya suatu bulan Islam) dilakukan melalui pengamatan pergerakkan bumi, bulan dan matahari.

Sangat menyenangkan menggunakan software ini. Saya memakainya sebagai alternatif karena belum bisa beli teleskop beneran yang harganya jutaan. Hehehe...

Download Stellarium
link download Stellarium
ukuran file : 43 Mb

Screenshot Stellarium
Berikut sedikit tampilan dari Stellarium.

pengamatan planet-planet dari atas bumi.
klik gambar untuk memperbesar


pengamatan bintang, planet, galaksi, dan benda angkasa lainnya dari bumi.
klik gambar untuk memperbesar
pengamatan bintang dan planet dari bulan.
klik gambar untuk memperbesar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metal Pointer