16 Jan 2012

Membangun Sebuah Jaringan Komputer

Ok, kali ini saya akan menulis sebuah artikel untuk kamu yang ingin tahu mengenai teknologi-teknologi dalam suatu jaringan yang kerap digunakan pada masa ini.

Gambaran Sebuah Jaringan LAN
Variasi dari berbagai pilihan dalam membangun sebuah jaringan dapat mempengaruhi pembelian hardware. Sebelum kamu menentukan apa saja perangkat keras yang dibutuhkan, kamu harus menentukan jenis teknologi jaringan yang akan digunakan terlebih dahulu.Artikel ini menjelaskan dan membandingkan teknologi jaringan yang lazim digunakan dan juga daftar persyaratan perangkat keras untuk setiap jenis jaringan. Sebelumnya, mari kita simak, apa sajakah “Teknologi Jaringan” itu.


Teknologi Jaringan 
Pada dasarnya, teknologi jaringan merupakan cara yang digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer di dalam jaringan.
Jenis teknologi jaringan yang paling kerap digunakan antara lain: 
  1. wireless/nirkabel,
  2. ethernet,
  3. home PNA,
  4. dan Powerline.
Ketika kamu memilih salah satu jenis teknologi jaringan, pertimbangkan lokasi dari komputer-komputermu dan pertimbangkan pula kecepatan jaringan yang kamu kehendaki. Biaya dalam membangun teknologi-teknologi jaringan yang telah disebutkan di atas hampir sama. Di bawah ini akan dijelaskan perbedaan dari ke-empat teknologi jaringan tersebut.

1. Wireless/Nirkabel

Kecepatan
  • 802.11b: pertukaran data (transfers data) dengan kecepatan rata-rata maksimum 11 megabits per second (11 Mbps). Mendownload foto dengan ukuran data 10 MB dari internet pada kondisi optimum membutuhkan waktu 7 detik.
  • 802.11g: pertukaran data (transfers data) dengan kecepatan rata-rata maksimum 54 Mbps. Mendownload foto dengan ukuran data 10 MB dari internet pada kondisi optimum membutuhkan waktu 1.5 detik.
  • 802.11a: pertukaran data (transfers data) dengan kecepatan rata-rata maksimum 54 Mbps. Mendownload foto dengan ukuran data 10 MB dari internet pada kondisi optimum membutuhkan waktu 1.5 detik.
  • 802.11n: tergantung dari jumlah data streams yang didukung oleh hardware.
  • 802.11n: secara teoritis dapat mentransmit data hingga 150 Mbps, 300 Mbps, 450 Mbps, atau 600 Mbps.
Catatan
Waktu transfer yang disebutkan di atas dicapai pada kondisi ideal. Kecepatan tersebut tidak selalu tepat seperti yang telah disebutkan karena dipengaruhi oleh perbedaan hardware, web server, kondisi lalu lintas jaringan, dll. 

Kelebihan
  • Mudah memindah-mindahkan komputer karena tidak menggunakan kabel.
  • Instalasi jaringan nirkabel seringkali lebih mudah daripada Ethernet.
kekurangan
  • Jaringan nirkabel seringkali lebih lambat (pada kecepatan transfer data) daripada tiga teknologi lain.
  • Jaringan nirkabel dapat terganggu oleh berbagai objek seperti dinding, objek besi yang besar, dan pipa. Juga, telepon dan oven microwave.
 

2. Ethernet  

Ethernet dapat mentrasfer data hingga 10, 100, atau 1000 Mbps, tergantung dari tipe kabel yang digunakan. Gigabit Ethernet adalah yang tercepat, dengan rata-rata transfer hingga 1 gigabit per seconds (1000 Mbps). 

Kecepatan
Sebagai contoh, mendownload 10 megabyte (10 MB) foto dari internet pada kondisi optimal akan memakan waktu 8 detik pada jaringan 10 Mbps, dan sekitar 1 detik pada jaringan 100 Mbps, dan kurang dari sedetik pada jaringan 1000 Mbps. 

Kelebihan
  • Tidak mahal dan cepat.
Kekurangan
  • Kabel-kabel Ethernet harus tersambung pada setiap komputer dengan hub, switch, atau router, yang mana saat proses instalasi dapat memakan banyak waktu dan sulit jika komputer berada di ruangan-ruangan yang berbeda.
 

3. Home PNA

Home PNA menggunakan kabel telepon rumah dalam kirim-mengirim informasi diantara komputer-komputer.

Kecepatan 
Home PNA 2.0 mentransfer data hingga 10 Mbps. Home PNA 3.0 mentransfer data hingga 128 Mbps. Sebagai contoh, mendownload foto dengan ukuran 10 MB dari internet pada kondisi optimal akan memakan waktu 8 detik pada jaringan Home PNA 2.0 dan sekitar 1 detik pada jaringan Home PNA 3.0. 

Kelebihan
  • Home PNA menggunakan kabel telepon rumah.
  • Tidak dibutuhkan hub atau switch untuk menghubungkan komputer dengan jumlah lebih dari dua.
Kekurangan
  • Membutuhkan phone jack di tiap ruangan, dan setiap jack harus pada saluran telepon yang sama.
 

4. Powerline

Sebuah jaringan Powerline dapat mentransfer data hingga 200 Mbps. 

Kecepatan 
Sebagai contoh, mendownload foto dengan ukuran 10 MB dari internet pada kondisi optimal akan memakan waktu kurang dari sedetik. 

Kelebihan
  • Powerline menggunakan kabel listrik rumah.
  • Tidak dibutuhkan hub atau switch untuk menghubungkan lebih dari dua komputer.
Kekurangan
  • Membutuhkan outlet listrik di setiap ruangan yang memiliki komputer.
  • Dapat terganggu oleh electrical noise.

Kebutuhan Hardware
Berikut beberapa macam hardware yang digunakan untuk membangun Jaringan Ethernet:

  • Network Adapter: Adapter ini (juga disebut dengan Network Interface Cards atau NICs) berfungsi untuk menghubungkan komputer pada sebuah jaringan sehingga membentuk suatu komunikasi. Network adapter dapat dipasang melalui USB atau Ethernet port pada komputer atau telah terpasang di dalam komputer pada Peripheral Component Interconnect (PCI) expansion slot.
  • Hub dan switch. Hub dan switch merupakan penghubung dua komputer atau lebih pada jaringan Ethernet. Switch sedikit lebih mahal daripada hub, namun lebih cepat.
  


Selengkapnya dapat melihat tabel berikut:
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Metal Pointer